Apakah Sistem Imun itu?

Dalam tubuh kita terdapat mekanisme sistem perlindungan yang disebut "sistem imun" yang telah dirancang untuk melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.

Sistem imun akan melindungi tubuh dari serangan virus, jamur, bakteri , kuman dan akan menghancurkan tumor atau sel kanker serta zat asing lain yang masuk ke dalam  tubuh. Jika sistem imun bekerja dengan baik, tubuh kita akan terlindung dari serangan zat asing yang jadi penyebab penyakit tersebut. Jika sistemnya lemah, kemampuanya melindungi tubuh akan  berkurang,  sehingga patogen berupa virus, jamur, bakteri dan lain-lain tersebut tidak bisa dilumpuhkan,  zat asing tersebut akan berkembang biak dalam tubuh yang akan menimbulkan berbagai penyakit. Sistem imun juga berfungsi untuk menghilangkan jaringan atau sel yg mati atau rusak untuk perbaikan jaringan, serta mengenali dan menghilangkan sel yang abnormal.

Ketika kita meninggal , tentunya sistem kekebalan tubuh juga ikut mati. Berbagai zat asing yang tadinya dihalangi oleh sistem imun untuk menyerang tubuh, dalam hitungan jam  akan masuk kedalam tubuh dan karena pintunya sudah terbuka. Hanya dalam beberapa minggu tubuh kita sudah habis digerogoti oleh mikro organisme ini, sehingga yang tersisa hanya tulang. Bisa dibayangkan betapa menakjubkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun kita.

Yang terlibat dalam sistem imun adalah sel darah putih ( lekosit), sel tersebut di simpan dan diproduksi di beberapa bagian tubuh, seperti di sumsum tulang belakang, limpa, thymus ,dan lain-lain. Lekosit tersebut mengalir keseluruh tubuh melalui pembuluh darah dan pembuluh limpatik.

Lekosit terbagi menjadi 2 , yaitu fagosit dan limposit yang mempunyai  fungsi  berbeda, Fagosit berfungsi untuk menyerang dan memusnahkan , sementara limfosit berfungsi untuk mengenali dan mengingat  mikroorganisme atau zat asing yang masuk kedalam tubuh, serta memusnahkannya.

Sistem imun terdiri dari Rangkaian protein, sel, jaringan otot, dan organ-organ. Pangkaian proses itu di sebut respon imun. Dengan adanya respon imun , sistem imun dapat menyerang para musuh tersebut. Jika ada benda asing yang masuk kedalam tubuh , tubuh akan mengenali dan memicu produksi anti gen. Jika antigen sudah terbentuk, antigen akan tetap berada dalam tubuh dan bersiaga untuk mnyerang zat asing yang tlah dikenal sebelumnya.

Sistem respon itu dimulai ketika suatu antigen (substansi asing yang menyerang tubuh) memasuki tubuh. Tubuh kemudian mengenali dan merespon antigen tersebut dengan cara memicu produksi antibodi (protein khusus yang diarahkan untuk antigen tertentu juga). meskipun zat asing itu dapat dikenali oleh antibodi , tetapi anti body tidak bisa menghacurkannya, diperlukan bantuan sel T ( natural killer sel) untuk membunuhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>